CARA MENCEGAH KARBOHIDRAT MENJADI LEMAK

Obesitas atau kegemukan merupakan salah satu contoh terlalu banyak konsumsi karbohidrat.
Tak perlu menghindari karbohidrat sepenuhnya karena tubuh masih memerlukan nutrisi dan energi dari karbohidrat. Hanya saja yang peru diperhatikan adalah, apabila tidak hati-hati maka konsumsi karbohidrat dapat berubah menjadi lemak. Karena itu ada beberapa tips untuk mencegahnya, antara lain adalah :
1. Makan Karbohidrat Setelah Berolahraga
Cara terbaik untuk tetap membuat karbohidrat diserap tubuh secara maksimal dan membantu diet Anda adalah dengan mengkonsumsinya setelah berolahraga. Ini bermanfaat karena karbohidrat akan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh yang sangat dibutuhkan setelah berolahraga berat. Selain itu, konsumsi karbohidrat setelah olahraga juga membantu pertumbuhan otot dan memperbaiki kerusakan otot akibat olahraga.
2. Hindari Karbohidrat Saat Makan Siang
Ada baiknya untuk menghindari konsumsi karbohidrat saat makan siang. Selain tidak memperbaiki kerusakan sel atau otot pada tubuh, karbohidrat akan menyebabkan Anda menjadi kurang fokus di siang hari. Ada baiknya mengkonsumsi karbohidrat pada sore hari untuk membantu tubuh rileks dan tidur dengan mudah. Lebih baik pilih karbohidrat dan sayuran seperti kentang daripada mendapatkannya dari roti dan pasta.
jo makan mie
3. Jangan Hanya Konsumsi Karbohidrat
Anggapan bahwa hanya mengkonsumsi karbohidrat saat makan akan membuat tubuh lebih mudah mencerna merupakan mitos belaka. Yang terbaik adalah mengkonsumsi karbohidrat dengan protein. Karbohidrat dan protein akan membuat Anda merasa lebih kenyang dan berenergi, serta menghindari penumpukan lemak dan kalori pada tubuh. Selain itu mengonsumsi protein dan karbohidrat akan mencegah naiknya gula darah.
4. Hindari Minum Minuman Manis Saat Makan
Yang terakhir adalah hindari minuman manis saat makan. Jus yang banyak mengandung gula atau minuman bersoda bisa memperlambat proses pencernaan. Ini akan membuat karbohidrat yang dikonsumsi menjadi lemak dan menyebabkan peningkatan berat badan. Alkohol dan kopi juga memiliki efek yang sama. Jadi minum air putih setelah makan. Proses ini akan mempercepat proses pencernaan dan membantu pembakaran lemak.Selain itu, air putih lebih sehat dibandingkan minuman manis atau soda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s